Sunday, November 15, 2009

MASALAH KESEHATAN dan JIWA LANSIA

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa seorang manusia di katakan telah lanjut usia atau berusia tua, apabila usianya telah mencapai 60 (enam puluh) tahun ke atas atau lebih. Proses penuaan (aging) tersebut, terjadi secara alami yang ditandai dengan adanya penurunan kondisi fisik, psikologis maupun social, dan satu sama lain saling berinteraksi. 

Menurut para pakar ilmu kesehatan bahwa kondisi kemunduran tersebut, memiliki potensi yang dominan terhadap timbulnya masalah kesehatan secara umum maupun kesehatan jiwa secara khusus, bagi setiap manusia lanjut usia. Pada masa usia tersebut, wajah seorang individu sudah terlihat tidak menarik lagi, rambut pada bagian kepala telah terlihat putih, kurang bertenaga, dan sering sakit-sakitan.

Test your Internet connection quality at Pingtest.net

Berdasarkan pengalaman penulis selama bekerja di Panti Wredha (jompo) “SULTAN FATAH”, kabupaten Demak, Propinsi Jawa Tengah, sejak tahun 2005 yang lalu hingga saat sekarang ini, bahwa permasalahan yang pokok dan mendasar adalah belum memiliki ketrampilan atau basics tentang ilmu gerontology atau ilmu-ilmu lain yang masih terkait dengan merawat dan memelihara kesehatan lanjut usia di dalam panti.

Test your Internet connection quality at Pingtest.net

Oleh sebab itu, melalui artikel ini penulis ingin menyampaikan beberapa materi pembahasan tentang masalah kesehatan secara umum dan jiwa lansia, dengan maksud agar para pekerja social bisa mengenal lebih dekat tentang masalah kesehatan secara umum dan jiwa lansia, sebagai bahan pertimbangan agar para pekerja social dapat bekerja lebih professional dalam memberikan pelayanan kepada lansia di masa yang akan datang.

===============
Salam action,

Bram Irianto.
iriantobram@gmail.com

http://www.lansiademak.blogspot.com

Check Google Page Rank






Shvoong
Situs ringkasan dunia

[URL=http://www.forumsextreme.com][IMG]http://www.forumsextreme.com/imgs1/Userbars_Internet_ForumsExtreme_Fan.jpg[/IMG][/URL]


No comments: