Tuesday, July 12, 2011

KEGIATAN KETRAMPILAN UNTUK MENGISI WAKTU LUANG BAGI LANJUT USIA (LANSIA)

Pada dasarnya pelayanan sosial lanjut usia (Lansia), selalu mengacu kepada terpenuhinya kebutuhan lanjut usia (Lansia) yang meliputi kebutuhan biologis, psikologis, sosial, intelektual dan spiritual serta kegiatan pengisian waktu luang. Selain itu, dapat bermanfaat untuk memperpanjang usia harapan hidup dan produktivitas lanjut usia serta terwujudnya kesejahteraan sosial lanjut usia yang diliputi rasa tenang, tenteram, bahagia, dan mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.


Sampai sampai saat ini, pelayanan sistem Panti atau institusi masih menjadi salah satu alternatif pelayanan lanjut usia, khususnya bagi lanjut usia yang kurang mampu secara sosial ekonomi. Pelayanan sistem institusi dalam banyak hal menjadi model pelayanan yang dapat diadopsi oleh keluarga dan masyarakat dalam menyelenggarakan pelayanan sosial lanjut usia.

Disadari, bahwa kehidupan dalam institusi terkadang monoton dan rutinitas sehingga membuat para lanjut usia merasa jenuh atau bosan tinggal dan hidup selamanya di dalam Panti atau institusi. Kondisi tersebut sangat berpengaruh pada upaya pengembangan bakat, minat dan potensi lanjut usia, maka oleh sebab itu perlu diadakan berbagai kegiatan positip untuk mengisi waktu-waktu luang, dan perlu dirancang berbagai kegiatan atau aktivitas yang sesuai dengan minat,  bakat dan kemampuan lanjut usia (lansia).

Besaran kegiatan pelayanan dalam Institusi biasanya berkisar pada :

  1. Program Rutin, yaitu Program yang secara terus menerus diberikan kepada Lanjut Usia, seperti : pelayanan makan dan minum, tempat tinggal (asrama), pakaian, pemeriksaan kesehatan, bimbingan Agama, bimbingan olah raga, bimbingan sosial kelompok dan perorangan (Konseling), dan sebagainya hingga pada pelayanan Pemulasaran (pemakaman jenazah).
  2. Program atau kegiatan terobosan, yakni program pelayanan Lanjut Usia yang dirancang di luar program rutin yang bertujuan untuk melengkapi atau mendukung program rutin dimaksud, seperti : kegiatan pengisian atau pemanfaatan waktu luang.
Kondisi pelayanan pengisian waktu luang dari masing-masing Panti (Institusi) dapat dipilah menjadi beberapa bagian, yaitu : pelayanan ketrampilan, kesenian, kepustakaan, olah raga, rekreasi, beternak, berkebun, dan sebagainya.


Pemanfaatan waktu luang merupakan suatu upaya untuk memberikan peluang dan kesempatan bagi Lansia (Potensial) untuk mengisi waktu luangnya dengan berbagai kegiatan atau aktivitas yang positif, bermakna, dan produktif bagi dirinya maupun orang lain. Kegiatan-kegiatan yang mereka lakukan harus sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang mereka miliki.


Berikut ini gambaran mengenai kondisi pelayanan waktu luang yang telah diberikan Panti (Institusi) di seluruh Indonesia terhadap lansia dan harapan lansia, sebagai berikut :
  1. Rincian kegiatan Bimbingan ketrampilan berkebun yang sudah umum di lakukan Panti (Institusi), yaitu : menanam ketela, pohon mangga, tanaman obat, bunga hias, palawija, sayuran, pisang, nanas, rambutan, palawija, jagung, dan sebagainya.
  2. Rincian kegiatan bimbingan ketrampilan kerajinan tangan, yaitu : membuat tusuk sate, sarana sembahyang, menganyam (bambu, rotan, dsb), membuat sapu (lidi, ijuk, dsb), menyulam, membuat keset, membuat telur asin, membuat krupuk karak dari sisa nasi, merangkai bunga, menjahit, kristik, membuat batu nisan, tukang urut, taplak, roti/kue.


============


Demak, 12 Juli 2011, Jam : 12.55 WIB


Salam Action,
BRAM IRIANTO.
iriantobram86@gmail.com
http://www.lansiademak.blogspot.com





Review http://www.kencangratis.blogspot.com on alexa.com

5 comments:

Medicine Of Herbal said...

wah...meriah banget...
salam hanget

adeerlin said...

hebat,,, semoga terus berlanjut,,,,

jasa penerjemah tersumpah said...

sudah sepatutnyalah para lansia mendapat perhatian dari kita...salam kenal n sukses selalu.thanks

mebel furniture jepara said...

mkch gan infonya mebel furniture jepara www.jeparadisemebeland.com

royal mebel jepara said...

mantaf bos mkch infonya mau kasih info juga ni jual furniture jepara harga murah kaulitas mewah www.royalmebeljepara.com