Friday, February 24, 2012

MINIMNYA DUKUNGAN PEMERINTAH DAN SWASTA TERHADAP KEBERHASILAN KEGIATAN KETRAMPILAN BAGI LANJUT USIA (LANSIA) DI PANTI

Kebutuhan untuk menjadikan Panti Sosial Lanjut Usia (Lansia) sebagai sebagai salah satu pusat pelayanan sosial yang dapat memberikan perlindungan dalam arti luas menjadi keharusan yang perlu segera diwujudkan. Pemahaman ini berimplikasikasi untuk memberikan dorongan (motivasi) bagi penyelenggara pelayanan untuk tidak terpaku pada upaya yang sifatnya komunikatif tetapi juga harus memperhatikan penentuan hak-hak lansia.


Kajian pemanfaatan waktu luang memberikan masukan dan sekaligus penegasan bahwa program pemanfaatan waktu luang yang diselenggarakan oleh Panti Lanjut Usia, baik yang dikelola oleh Pemerintah maupun Swasta juga perlu diorientasikan pada perlindungan sosial. Dengan suatu pengertian bahwa penyelenggaraaan kegiatan waktu luang perlu melibatkan lansia sejak awal untuk dan mengantisipasi upaya pemaksaan dan penyeragaman aktivitas yang tidak sesuai dengan minat, potensi dan keinginan lansia sebagai individual yang utuh. Jika ini terjadi, maka program pemanfaatan waktu luang menjadi kurang bermanfaat.

Pelayanan Sosial lansia mengacu kepada 3 (tiga) hal, yaitu :
  1. Pemenuhan kebutuhan fisik, psikologis, sosial, intelektual dan mental spritual,; 
  2. Memperpanjang usia harapan hidup dan masa produktivitas lansia; 
  3. Terwujudnya kesejahteraan sosial yang meliputi : rasa tenang, tenteram, dan mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Esa.
Pengembangan kegiatan lansia dalam kerangka pemanfaatan waktu luang perlu mempertimbangkan beberapa hal, seperti :
  1. Pengembangan kegiatan harus disesuaikan dengan potensi dan kemampuan lembaga pelayanan; 
  2. Perlu disesuaikan dengan minat, bakat dan potensi lansia berdasarkan kondisi wilayah; 
  3. Pengembangan program tidak hanya bersifat hulu bagi upaya untuk mengisis waktu luang, tetapi sampai dengan yang bersifat hilir; 
  4. Pengembangan program diupayakan semaksimal mungkin untuk pemberdayaan, kemandirian, dan kemanfaatan lansia.
Walauhpun kegiatan pemanfaatan waktu luang sudah dapat dilaksanakan oleh para penyelenggara pelayanan, baik yang dikelola Pemerintah mau pun swasta, tetapi masih terdapat hambatan dan kekurangan. Oleh karena itu, dibutuhkan tekad dan upaya yang lebih serius dalam menyikapi berbagai kendala yang terkait dengan pemanfaatan waktu luang sebagai bagian dari komponen penting dalam pelayanan sosial lansia dalam institusi.

Ada banyak kendalan yang dapat diindentifikasi melalui kajian ini, tetapi secara garis besar kendala tersebut sangat terkait dengan dukungan yang kurang maksimal, baik yang terkait dengan ketersediaan fasilitas dan SDM, dukungan internal lansia, dan dukungan dari pihak luar. Untuk mendapatkan hasil dukungan yang lebih maksimal, dibutuhkan upaya yang lebih sungguh-sungguh guna mensinergikan dukungan-dukungan tersebut, sehingga menjadi potensi yang dapat dikembangkan bagi optimalisasi kegiatan pemanfaatanan waktu luang.

Optimalisasi kegiatan pemanfaatan waktu luang menjadi kebutuhan yang mendasar, karena berdasarkan bakat, minat, dan potensi lansia di semua panti sosial lanjut usia menggunakan kegiatan ini sebagai bagian dari aktivitas pelayanan sosial yang dilakukan. Walaupun dalam kenyataaan dan penerapannya dapat berbeda berdasarkan kemampuan dari masing-masing institusi yang relarif beragam.

Namun secara mendasar masing-masing institusi memiliki keinginan dan harapan untuk senantia memaksimalkan kegiatan ini agar mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan memperhatikan kondisi dan harapan seperti yang diinginkan petugas dan para lansia panti, maka sudah seyogyanya dapat disikapi secara arif oleh para pihak yang berkepentingan untuk meningkatkan pelayanan sosial dan kesejahteraan sosial lansia.

================

Salam Action,

Bram Irianto
iriantobram86@gmail.com
http://www.lansiademak.blogspot.com


Related Links = dofollow


  1. Cara memunculkan Google AdSense di Web atau Blog berbahasa Indonesia.
  2. Cara meningkatkan peringkat page rank untuk blog Anda.
  3. Trik memperoleh Dollar dari Google AdSense.
  4. Cara meningkatkan peringkat page rank untuk blog Anda.
  5. Tukar Link Banner secara gratis, part -2.
  6. Tips mengakses situs yang diblokir.


No comments: